Update Terbaru Polda Lampung Terkait Pengungsi dan Korban Tsunami - INDONESIA One

Selasa, 08 Januari 2019

Update Terbaru Polda Lampung Terkait Pengungsi dan Korban Tsunami

 Update Terbaru Polda Lampung Terkait Pengungsi dan Korban Tsunami


INDONESIAOne.ID ■ Kepala Bidang Hubungan Masyarakat (Kabid Humas) Polda Lampung update data bencana Kabupaten Lampung Selatan, Minggu (06/01/2019) Malam.

Informasi yang diperoleh dari Kabid Humas Polda Lampung Kombes Pol Dra Sulistyaningsih , jumlah Korban yang Meninggal Dunia sebanyak 118 (Seratus Delapan Belas) orang, 47 (Empat Puluh Tujuh) di RS dan 71 (Tujuh Puluh Satu) diluar RS.

Korban yang mengalami Luka Ringan/ Berat sebanyak 7.803 (Tujuh Ribu Delapan Ratus Tiga) orang, sejumlah 446 (Empat Ratus Empat Puluh Enam) dirawat di RS dan 7.357 (Tujuh Ribu Tiga Ratus Lima Puluh Tujuh) orang dirawat di luar RS. Pasien yang masih dirawat di RS sebanyak 30 (Tiga Puluh) orang dan 6 (Enam) orang dirujuk.

Kerugian akibat bencana, mengalami kerusakan diantaranya sebanyak 710 unit Rumah, 7 unit Hotel, 7 unit Masjid, 6 unit Sekolah, 25 unit Warung Kuliner, 14 unit Kendaraan Roda Empat (KR-4), 100 unit Kendaraan Roda Dua (KR-2) dan 190 unit Perahu.

Sebanyak Tujuh orang brlum ditemukan, masih dalam pencarian, antara lain Aulia Meyza Putri Binti Rudiansyah(5) alamat Tejang Pulau Sebesi.

Yang belum ditemukan warga Dusun Kenali Desa Sukaraja Rajabasa antara lain Sahri, Saman, Asim, Asmara, Rohani dan Madsamil.

Lokasi yang terdapat korban terbanyak antara lain :

1. Kecamatan Kalianda Pantai Alau Alau / Laguna Kelurahan Way Urang Desa Maja Kalianda Kawah Kabupaten Lampung Selatan, sebanyak 20 korban meninggal dunia, 2.507 orang mengalami Luka Berat/ Ringan, 123 unit Rumah mengalami kerusakan.

2. Kecamatan Rajabasa Desa Way Muli Induk, Desa Way Muli Timur, Desa Kunjir, Desa Rajabasa Kec Rajabasa. 96 orang meninggal dunia, 4.193 orang mengalami Luka Ringan/ Luka Berat dan 559 unit Rumah mengalami kerusakan.

3. Kecamatan Bakauheni Desa kelawi dan Desa Bakauheni (PKM), sebanyak 2 (Dua) orang meninggal dunia, 397 korban mengalami Luka Ringan/ Luka Berat dan 19 unit Rumah mengalami kerusakan.

4. Kecamatan Sidomulyo Desa suak, 400 korban mengalami Luka Ringan/ Luka Berat.

Data pengungsi sebagai berikut :

1. Di Balai Desa Totoharjo Kecamatan Bakauheni Kabupaten Lampung Selatan dudah kembali ke rumah. Di Desa Kelawi Kecamatan Bakauheni Kabupaten Lampung Selatan jumlah pengungsi dari wilayah Kunjir, Way Muli, Sukaraja dan Pulau Sebesi sebanyak 121 orang (Laki- laki 59 orang dan Perempuan 62 orang). Seluruh pengungsi menginap di rumah- rumah warga dan atau saudara mereka di masing- masing Dusun yang ada di Desa Kelawi.

2. Di Kecamatan Rajabasa, halaman Kantor Camat Rajabasa Desa Banding sebanyak 1.044 orang (Laki- laki 460 orang, Perempuan 468 orang dan Anak- anak 115 orang). Kebutuhan yang diperlukan diantaranya alat memasak, kelambu dan obat- obatan. Kondisi pengungsi seluruhnya dari warga Desa Banding Kecamatan Rajabasa.

Desa Cugung Kecamatan Rajabasa jumlah pengungsi dari warga Desa Kunjir dan Desa Way muli sebanyak 700 orang, antara lain 500 orang (Laki- laki 200 orang, Perempuan 300 orang) di Mushola Cugung dan 200 orang (Laki- laki 100 orang, Perempuan 50 orang dan Lansia 50 orang) di Plang Air Terjun Cugung.

Kebutuhan yang diperlukan berupa makanan, obat nyamuk dan kelambu. Kondisi secara umum keseluruhan dalam keadaan sehat akan tetapi mereka memiliki keluhan permasalahan dalam pembagian makan yang terlalu minim oleh Tim Relawan, selain itu bantuan berupa mie instan terkadang dipinta oleh warga dari Desa Batu Balak Kecamatan Rajabasa Lamsel yang tidak terkena bencana alam dengan alasan untuk ronda malam. Dengan demikian para pengungsi membutuhkan aparat keamanan.

3. Di pegunungan dibelakang rumah Kades/ Indomart Desa Way Muli Timur Kecamatan Rajabasa Kabupaten Lampung Selatan. Jumlah pengungsi dari warga Desa Way Muli Timur dan Desa Way Muli Induk Kecamatan Rajabasa sebanyak 600 orang. Kebutuhan yang diperlukan berupa MCK, obat- obatan/ P3K dan Tenda.

Kondisi secara umum keseluruhan dalam keadaan sehat akan tetapi masih ada beberapa warga yang masih trauma akibat dari kejadian bencana alam tersebut.

Di Balai Desa Kerinjing Kecamatan Rajabasa Kabupaten Lampung Selatan jumlah pengungsi dari warga Desa Kunjir sebanyak 200 orang. Kebutuhan yang diperlukan berupa obat- obatan/ P3K dan makanan ringan.

Kondisi secara umum keseluruhan dalam keadaan sehat, kemudian para pengungsi tersebut pada siang hari terkadang tidak berada di Posko pengungsian.

Di Pabrik Padi Dusun Pangkul Desa Rajabasa Kecamatan Rajabasa jumlah pengungsi sebanyak 70 orang (Laki- laki 35, Perempuan 20 dan Anak- anak 15) orang. Kebutuhan yang diperlukan berupa Kelambu, Obat- obatan/ P3K dan Kompor. Kondisi secara umum keseluruhan dalam keadaan sehat.

3. Kecamatan Kalianda lokasi di Balai Desa Sumur Kumbang jumlah pengungsi dari warga Karet Kelurahan Kalianda, Desa Maja, Desa Sukaraja, Way Muli dan Kunjir serta Pulau Sebesi sebanyak 134 orang (46 Laki- laki, 50 Perempuan dan 38 anak- anak). Kebutuhan yang diperlukan berupa Makanan dan Obat- obatan. Kondisi secara umum keseluruhan dalam keadaan sehat kemudian para pengungsi menginap di rumah-rumah warga sekitar dan apabila sewaktu-waktu diminta untuk berkumpul mereka siap.

Lokasi di Beringin Kelurahan Bumi Agung Kecamatan Kalianda Lampung Selatan jumlah pengungsi dari warga lingkungan 01 Kalianda Bawah Dermaga Bom Kelurahan Kalianda Kecamatan Kalianda Lampung Selatan sebanyak 35 orang (12 Laki- laki, 18 Perempuan dan 5 Anak- anak). Kondisi secara umum para pengungsi dalam keadaan sehat dan pada pagi hari mereka sudah mulai membersihkan rumahnya.

Lokasi di Lapangan Tenis Indoor Desa Kedaton Kecamatan Kalianda Lampung Selatan, jumlah pengungsi dari warga Pulau Sebesi dan Pulau Sebuku Kecamatan Rajabasa sebanyak 784 orang. 184 Laki- laki, 240 Perempuan, 99 Putra, 110 Putri, 81 Bayi Laki- laki dan 74 bayi perempuan.

Kondisi secara umum para pengungsi dalam keadaan sehat, sebagian dari mereka berharap untuk dapat kembali lagi kerumahnya masing- masing.

Lokasi di SDN 1 Way Urang Kalianda Lampu g Selatan sudah kembali ke rumah masing – masing. Di Dusun Way Belerang Desa Buah Berak Kecamatan Kalianda Lampung Selatan dirumah kerabatnya.

Jumlah pengungsi dari warga Kalianda Bawah Kelurahan Kalianda, Desa Maja, Kelapa Doyong Kalianda Bawah Kecamatan Kalianda dan warga Dusun Ujau Desa Rajabasa, Desa Way Muli dan Desa Way Muli Timur Kecamatan Rajabasa Lampung Selatan sebanyak 42 orang.

a. Di rumah Jefri sebanyak 7 orang (3 Laki- laki, 3 Perempuan dan 1 anak- anak) warga Kalianda Bawah Kelurahan Kalianda Lampung Selatan

b. Di rumah Tamrin sebanyak 4 orang (2 Laki- laki, 1 Perempuan dan 1 Anak- anak) warga Desa Maja Kecamatan Kalianda Lampung Selatan.

c. Di rumah Gamalsyah sebanyak 4 orang (1 Laki- laki, 1 Perempuan dan 2 Anak- anak) warga Dermaga Bom Kalianda Bawah Kelurahan Kalianda Lampung Selatan.

d. Di rumah Endang sebanyak 5 orang (2 Laki- laki dan 3 Perempuan) warga Dermaga Bom Kalianda Bawah Kelurahan Kalianda Lampung Selatan.

e. Di rumah Wahyudin sebanyak 8 orang (5 Laki- laki, 3 Perempuan) warga Kelapa Doyong Kalianda Bawah Kelurahan Kalianda Lampung Selatan.

f. Di rumah Rohanudin sebanyak 4 orang (2 Laki-laki, 1 Perempuan dan 1 Anak-anak) warga Dusun Ujau Desa Rajabasa Kecamatan Rajabasa Lampung Selatan.

g. Di rumah Ace sebanyak 3 orang (2 Laki-laki dan 1 Perempuan) warga Desa Way Muli Kecamatan Rajabasa Lampung Selatan.

h. Di rumah Suryadi sebanyak 3 orang (1 Laki- laki, 1 Perempuan dan 1 Anak) warga Desa Way Muli Timur Kecamatan Rajabasa Lampung Selatan.

i. Di rumah Erla sebanyak 4 orang (2 Laki- laki dan 2 Perempuan) warga Desa Way Muli Kecamatan Rajabasa Lampung Selatan.

4. Kecamatan Katibung para pengungsi sudah kembali kerumah masing- masing dan tidak menempatkan Tenda Pengungsi di atas gunung. Untuk 7 (Tujuh) korban tsunami yang rumahnya hancur, sementara menumpang di tempat mertua dan saudaranya.

5.Kecamatan Tanjung Bintang hasil pengecekan terhadap pengungsi di rumah Marjan Dusun Tanjung Bintang Pusat Desa Jati Baru, yang semula jumlah pengungsi sebanyak 26 orang telah kembali kerumahnya masing- masing pada hari Selasa (01/01/2019) dan hanya tersisa sejumlah 4 orang (I gede Sumardi, Boniyem, Wahyuningsih dan Sekar mustika) karena sudah berusia lanjut.

Sedangkan pengungsi yang berada di Rumah Sarjono Desa Jati Baru yang berjumlah 11 orang telah kembali kerumahnya masing- masing di Bandar Lampung.

Pengungsi yang berada di wilayah Tabin bukan merupakan korban tsunami, namun hanya antisipasi karena rumahnya di pinggir laut. Jumlah pengungsi sebanyak 3.741 (Tiga Ribu Tujuh Ratus Empat Puluh Satu) jiwa. (rls)

BERITA LAINNYA

loading...

BERITA TERBARU

© Copyright 2017 INDONESIA One | All Right Reserved