Hasil Penelitian: Sperma Suami yang Rusak Dapat Menjadi Penyebab Utama Keguguran - INDONESIA One

Sabtu, 09 Februari 2019

INDONESIAOne.ID ■  Sperma yang rusak oleh ayah dapat menjadi penyebab utama keguguran berulang, yang biasanya dikaitkan dengan masalah kesehatan dengan ibu, demikian menurut sebuah penelitian terbaru.

Peneliti dari Imperial College London (ICL) yang menyelidiki efek kualitas sperma pada beberapa kasus keguguran menemukan tingkat kerusakan DNA dua kali lebih tinggi pada pria yang pasangannya terkena dampak.

Keguguran berulang, didefinisikan sebagai tiga atau lebih kehamilan yang hilang sebelum 20 minggu, mempengaruhi satu dari 50 pasangan di Inggris tetapi sampai saat ini biasanya dikaitkan dengan infeksi atau masalah kesehatan yang mempengaruhi ibu.

Temuan terbaru, yang perlu direplikasi dalam uji coba yang lebih besar, sekarang digunakan untuk mengembangkan obat yang mengurangi penyebab kerusakan DNA dan menurunkan kemungkinan keguguran. Lebih cepat mereka dapat digunakan dalam penilaian kesuburan untuk membantu ayah mengatasi faktor gaya hidup yang meningkatkan risiko kerusakan dan keguguran.

"Kami telah berpikir, secara tradisional, keguguran berulang adalah 'kesalahan' dari mitra wanita," kata penulis utama penelitian, Dr Channa Jayasena dari ICL, seperti dirilis The Independent, hari ini. (09/02).

“Ini adalah subjek yang dipelajari dengan sangat baik dan ada beberapa penyakit pada wanita yang dapat menyebabkan keguguran berulang.

“Dengan mengenali sperma pria memainkan peran dan memahami bagaimana hal itu terjadi pada tingkat molekuler, kita dapat merancang obat untuk benar-benar mengurangi stres oksidatif dan mengurangi kerusakan DNA.

"Ada upaya untuk mengembangkan obat-obatan ini saat ini ... serta melihat hal-hal dalam gaya hidup [pria] - misalnya menjadi sangat gemuk atau memiliki infeksi - yang dapat menyebabkan efek ini."

Dr Jayasena dan timnya menganalisis sperma 50 pria yang terdaftar di klinik keguguran berulang di Rumah Sakit St Mary, London, setelah pasangan mereka menderita keguguran saat mencoba untuk hamil secara alami dan membandingkannya dengan 60 relawan pria yang pasangannya tidak memiliki riwayat keguguran. .

Melihat kerusakan DNA, mereka berpendapat itu mungkin disebabkan oleh peningkatan kadar molekul yang ditemukan dalam semen yang dikenal sebagai "spesies oksigen reaktif" atau radikal bebas.

Molekul-molekul ini memainkan peran penting dalam melindungi sperma dari infeksi dan bakteri, tetapi dalam konsentrasi tinggi mereka dapat merusak sel-sel rapuh

Studi yang dipublikasikan dalam Clinical Chemistry, menemukan tingkat spesies oksigen reaktif empat kali lebih tinggi pada pria yang terkena keguguran ganda.

Selain mengembangkan obat-obatan untuk mengurangi level ini, tahap selanjutnya dari penyelidikan adalah untuk memahami apa yang mungkin menyebabkan peningkatan level ini.

Para sukarelawan yang sehat dalam penelitian ini memiliki usia rata-rata yang lebih muda daripada mereka yang terkena dampak, yang merupakan faktor lain yang bisa bertanggung jawab, kata Dr Jayasena.

■ SRI WIGATI