MES: Potensi Wakaf di Jabar Belum Tergarap Maksimal - INDONESIA One

Minggu, 24 Februari 2019

MES: Potensi Wakaf di Jabar Belum Tergarap Maksimal

 MES: Potensi Wakaf di Jabar Belum Tergarap Maksimal


INDONESIAOne.ID ■ Pengurus Masyarakat Ekonomi Syariah (MES), Muhammad Yusuf Helmy mengatakan, Jawa Barat memiliki potensi wakaf terbesar yang sebanding dengan jumlah penduduk dan luas wilayahnya. Hal lain ditopang dari banyaknya pesantren di Jabar yang mencapai 12.000.

Dalam keterangannya, Yusuf menyebut manfaat dan keutamaan wakaf harus terus disosialisasikan sehingga masyarakat bisa menyalurkan dermanya dengan lebih tepat guna. Apalagi, potensi wakaf di Indonesia sangat besar.

"Harta wakaf dapat digunakan untuk membangun berbagai fasilitas umum, seperti rumah ibadah, lembaga pendidikan, rumah sakit, properti dan juga perkebunan yang tidak bertentangan dengan prinsip syariah," katanya kepada awak media di Hara Cafe Bandung, Minggu (24/2/2019).

Menurut Yusuf, harta wakaf pada masa kini juga dapat berupa uang seperti melalui manfaat asuransi dan manfaat investasi dari polis asuransi jiwa syariah. Wakaf merupakan bentuk kedermawanan dalam Islam yang memberikan manfaat berkelanjutan bagi masyarakat sehingga menjanjikan pahala yang tidak terputus.

"Pengelolaan dana wakaf secara profesional sangat penting untuk memastikan nilai harta wakaf tetap terjaga dan hasil usaha wakaf terus memberikan manfaat bagi masyarakat," imbuhnya.

Hasil riset terakhir disebutkan bahwa potensi wakaf secara nasional diperkirakan bernilai Rp 180 triliun per tahun. Sayangnya, potensi Wakaf di Jabar hingga kini belum tergarap maksimal.

■ Jamil

BERITA LAINNYA

BERITA TERBARU

© Copyright 2017 INDONESIA One | All Right Reserved