Danau Sentani Meluap, 25 Kampung Terendam Banjir - INDONESIA One

Kamis, 21 Maret 2019

Danau Sentani Meluap, 25 Kampung Terendam Banjir

Danau Sentani Meluap, 25 Kampung Terendam Banjir


INDONESIAOne.ID ■ Sebanyak 25 kampung, saat ini terendam akibat meluapnya air danau Sentani pasca banjir bandang yang melanda kabupaten Jayapura.

Kabid Humas Polda Papua, Kombes Ahmad Kamal di Jayapura, Kamis,  mengatakan, hingga Rabu (20/3/2019) malam, pukul 23.00 wit tercatat 25 kampung kini terendam.

Kampung-kampung yang terendam yakni Doyo lama, Sosiri, Yakonde, Dondai, Kwadeware, Bambrongko, Simporo, Kameyaka, Abar, Atamali, Putali, Sereh, Ifar Besar, Yoboi, Hobong, Yahim, Yobe, Ifale, Nendali, Asei Besar, Ayapo, Puay, Asei Kecil, Nolokla dan Yokiwa.

Terendamnya pemukiman warga yang bermukim di kampung-kampung sekitar danau Sentani akibat air danau meluap.

Kondisi masyarakat saat ini masih relatif aman dan bantuan sedang diupayakan untuk dibagikan ke masyarakat, kata Kamal seraya menambahkan Polda Papua melalui Ditpolair siap membantu menyalurkan bantuan ke kampung-kampung yang hanya bisa dijangkau dengan menggunakan perahu motor.

Banjir bandang yang terjadi pada Sabtu (16/3) di kabupaten Jayapura menyebabkan 9.691 jiwa harus mengungsi akibat rumah rusak.

Tercatat 103 orang meninggal dan ratusan luka-luka serta 93 orang dilaporkan hilang. Saat ini tercatat 35 kantong jenazah belum teridentifikasi di RS Bhayangkara," kata Kamal seperti dilansirkan Antara. 

Data yang diperoleh dari Posko Induk, sedikitnya 2.764 kepala keluarga (KK) di pinggiran Danau Sentani untuk sementara tak bisa menempati rumahnya. Kondisi masyarakat saat ini masih relatif aman dan bantuan sedang diupayakan.

Bupati Jayapura Mathius Awoitauw mengatakan, banjir bandang yang terjadi di Kota Sentani menyebabkan luapan air danau yang begitu luar biasa.(foto: iNews)

BERITA LAINNYA

loading...

BERITA TERBARU

© Copyright 2017 INDONESIA One | All Right Reserved