Gunung Agung Erupsi, Beberapa Penerbangan Dibatalkan - INDONESIA One

Sabtu, 25 Mei 2019

Gunung Agung Erupsi, Beberapa Penerbangan Dibatalkan

 Gunung Agung Erupsi, Beberapa Penerbangan Dibatalkan


INDONESIAOne.Id ■ Dari bali dikabarkan Gunung Agung kembali erupsi pada Jumat, 24 Mei 2019 pukul 19.23 WITA.

Pantauan dari Pos pengamatan Gunung Agung di Rendang milik PVMBG mencatat Gunung Agung erupsi terekam di seismograf dengan amplitudo maksimum 30 mm dan durasi sekitar 4 menit 30 detik.

Beberapa penerbangan dari dan ke bandara Ngurah Rai internasional Bali telah dibatalkan pada Sabtu pagi setelah gunung berapi Gunung Agung meletus pada Jumat malam, mengirimkan batu dan lava pijar hingga tiga kilometer ke segala arah.

Letusan itu, sekitar pukul 19.23 waktu setempat, mengirim pasir dan abu vulkanik ke sisi selatan gunung itu, mempengaruhi lebih dari 20 desa di wilayah Karangasem dan Bangli.

Namun, tidak ada evakuasi yang diperlukan segera karena desa-desa tersebut berada dalam zona aman, kata Sutopo Purwo Nugroho, juru bicara Badan Nasional Penanggulangan Bencana.

Wisatawan dan pendaki disarankan untuk tinggal empat kilometer dari puncak gunung.

Beberapa penerbangan ke dan dari bandara internasional Ngurah Rai, sekitar 70 kilometer dari gunung berapi, dibatalkan semalam, kata Direktur Jenderal Transportasi Udara di Kementerian Perhubungan, Polana Pramesti.

Namun dia tidak mengatakan maskapai mana atau jalur penerbangan mana yang terpengaruh.

Dia meminta semua pihak untuk bekerja sama dan memantau letusan. Jika itu mempengaruhi keselamatan penerbangan, bandara akan ditutup sementara, katanya.

Intensitas hujan abu vulkanik telah turun dari ketinggian 4000-5000 meter di dalam ruang udara bandara Bali ke ketinggian 500-1000 meter, kata Kepala otoritas bandara Wilayah IV Bali, Elfi Amir.

Ngurah Rai sudah memiliki prosedur operasi standar untuk menangani abu vulkanik dan pihak berwenang mengatakan penumpang tidak perlu panik.

Erupsi ini adalah yang ketiga di bulan ini. Dua letusan sebelumnya terjadi pada 12 Mei dan 18 Mei.

■ Made Asnawa

BERITA LAINNYA

loading...

BERITA TERBARU

© Copyright 2017 INDONESIA One | All Right Reserved